Memorability: When users return to the design after a period of not using it, how easily can they reestablish proficiency?

Begitulah kata-kata saya sewaktu awal postingan mengenai kajian web Usabillity. Eh bukan saya, tapi kata buku Galitz, tepatnya Nielsen(2003). memang saya tak terlalu faham bahasa Inggris, tapi saya mencoba menerangkan sedikit apa sih Memorabillity itu?

Memorabiliity adalah Kemampuan user untuk membangun kembali pengalaman-pengalaman yang telah dia bangun sebelumnya. Biasanya ketika user sudah lama tidak berkunjung atau masuk ke dalam suatu sistem, maka memorabillity inilah yang akan paling berpengaruh. Jadi apakah suatu sistem tersebut mampu memberikan user memori-memori atau informasi-informasi yang sebelumnya pernah ia bangun atau tidak.

Kalau dalam web http://www.rumahoutlet.com ini sih masalah memorabillity tidak terlalu dipermasalahkan, cuma ada part-part dimana user harus membaca teks-teks kecil. Harusnya yang penting-penting  dikasi warna beda atau diberi tanda agar mencolok. Tapi secarakeseluruhan sih oke, kita bisa me-recall apa yang dulu pernah kita temui dan gak masalah untuk web ini. Bentuk webnya juga umum,sama dengan web e-commerce lainnya, lihat saja di gambarnya…iya kan?

oke paling segitu saja pertemuan kita kali ini, sampai jumpa di episode selanjutnya tentang “Errors”…

Advertisements